• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    18 Ha Lahan dan Kebun Sawit di Karya Mulya Hangus Terbakar

    12 Oktober 2023, Oktober 12, 2023 WIB Last Updated 2023-10-12T12:14:42Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    POSMETRO.ID | PRABUMULIH - Seluas 18 Hektare Lahan berikut Kebun Sawit di Desa Karya Mulya Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) siang tadi mengalami kebakaran hebat, Kamis (12/10/2023).


    Kebakaran yang terjadi sejak pukul 12.00 wib tersebut berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.15 Wib. Lahan yang terbakar merupakan kebun karet yang masih produksi dan kebun sawit disebelahnya. Angin yang kencang dengan cepat membuat api menjalar ke segala arah mengakibatkan warga desa kesulitan melakukan pemadaman.


    Di tempat kejadian perkara juga tampak Camat RKT Satria Karsa,SE, Kepala Desa Karya Mulya Miril Firacha dan aparat keamanan Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Warga Sekitar. Dua unit Mobil Pemadam Kebakaran milik Pemkot Prabumulih di tambah 1 Unit Pick Up milik warga diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman. 


    Camat, Kades, Bhabinkamtibmas, Babinsa serta warga tampak berjibaku memadamkan api 🔥. Dua jam lebih mereka bekerja ditengah terik panasnya matahari hingga pada pukul 15.15 Wib api berhasil dipadamkan.


    "Luas lahan yang mengalami kebakaran diperkirakan mencapai 18 Hektare. Lahan merupakan kebun karet produksi dan kebun sawit. Alhamdulillah berkat bantuan Warga desa, Kades dan teman-teman Bhabin dan Babinsa yang didukung petugas Damkar Pemkot Prabumulih akhirnya api berhasil kita padamkan" ujar Camat Satria.


    Dikatakan, data sementara tidak ada dugaan unsur kesengajaan karhutla yang terjadi hari ini sebab lahan yang mengalami kebakaran merupakan lahan produktif yang terdiri dari kebun karet dan Sawit. "Kita simpulkan tidak ada unsur kesengajaan karena lahan terbakar merupakan lahan produktif" papar Satria.


    Tidak lupa ia juga menghimbau agar warga terkhusus pemilik kebun Desa Karya Mulya untuk senantiasa waspada memantau kebun masing masing ditengah badai panas el nino yang mungkin masih akan berlangsung lama untuk mencegah kebakaran. 


    "Dengan ini kitaenghimbau warga terkhusus di wilayah RKT ditengah kemarau seperti ini jangan sesekali melakukan pembakaran lahan yang kelak bisa berakibat fatal dan menimbulkan kebakaran hebat. Kemudian meminta kerjasama seluruh warga pemilik kebun untuk selalu waspada dan melakukan pengecekan ke kebun masing-masing" imbuhnya.


    Jika ditemukan adanya titik api Camat menghimbau agar warga segera melaporkan ke pemerintah terdekat, baik Kades, Camat dan bisa juga ke Bhabin dan Babinsa atau segera menghubungi Pemadam Kebakaran agar kebakaran bisa segera dipadamkan dan tidak meluas. Jun M.

    Komentar

    Tampilkan

    BREAKING NEWS