• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    Bencana Kue Sus, Bawa Ratusan Siswa SIT Prabumulih ke Rumah Sakit

    09 November 2023, November 09, 2023 WIB Last Updated 2023-11-09T13:09:46Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    POSMETRO.ID, PRABUMULIH - Kejadian luar biasa akibat mengkonsumsi "Kue Sus" terjadi di Kota Prabumulih. Ratusan siswa SIT Yayasan Ishlahul UMMAH Prabumulih mengalami keracunan akibat mengkonsumsi kue lembut dan kenyal itu terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit. Aula RS. Ar Bunda Kota Prabumulih tak pelak dipenuhi para korban keracunan.



    Informasi dihimpun, kebanyakan dari korban mengaloami sakit perut, mengeluh mual, muntah hingga pusing. Saat ini mereka masih dirawat intensif di tiga Rumah Sakit ternama di Kota Prabumulih seperti RS Pertamina, RSUD Prabumulih dan RS.Ar Bunda Prabumulih. 



    Sementara Dinas kesehatan Kota Prabumulih masih melakukan pengujian terhadap sampel dan muntahan korban keracunan sekaligus menguji kandungan yang terdapat dalam makanan super enak tersebut. Lantas seperti apa sebenarnya Kue Sus dan cara pengolahannya hingga menjadi makanan yang enak?



    Dari penelusuran POSMETRO.ID, Kue sus merupakan kue berongga yang berisi fla, custard, atau daging. Tekstur kulitnya lembut untuk kue sus basah dan krispi untuk kue sus kering. Banyak orang menyukai kue yang satu ini dan membuat resep kue sus untuk jualan makin banyak dicari.



    Menurut sejarah, kue sus ini berasal dari Prancis. Hingga kini, resep kue sus untuk jualan banyak diadopsi di Indonesia. Tak hanya diadopsi, tetapi juga mendapat modifikasi dengan berbagai isian yang menjadikannya semakin lezat, cantik, dan ciamik.



    Resep kue sus termasuk resep yang sangat mudah dicari dan mudah didapat. Hal ini jelas berbeda bagi yang tak terbiasa membuatnya. 



    Resep Kue Sus Cokelat

    Bahan:

    - 250 ml air

    - 100 gr margarin

    - 125 gr terigu

    - 1 sdt vanilli bubuk

    - 1/3 sdt garam

    - 1 sdt baking powder

    - 3 butir telur

    - Selai cokelat secukupnya

    Cara buat:


    1. Masak air bersama margarin, aduk-aduk sampai larut dan mendidih.

    2. Matikan api lalu masukkan vanilli, garam dan terigu. Aduk cepat sampai adonan mengental dan tidak lengket.

    3. Lalu pindahkan ke wadah biarkan hingga benar-benar dingin.

    4. Setelah dingin masukkan telur satu-persatu sambil dikocok menggunakan whisker/mixer. Kocok sampai adonan lembut.

    5. Masukkan adonan ke piping bag, yang sudah diberi spuit terlebih dahulu.

    6. Kemudian siapkan loyang yang sudah dialasi baking paper atau bisa dioles margarin. Cetak adonan di atas loyang dengan ukuran kecil-kecil.

    7. Panggang di oven selama 15 menit menggunakan api besar, lalu kecilkan api dan panggang lagi selama 20 menit.

    8. Untuk isian siapkan cokelat batang dan lelehkan, lalu masukkan ke dalam piping bag.

    9. Jika kue sus sudah matang, lubangi bagian bawah dengan tusuk gigi lalu semprotkan selai cokelat. Kue sus siap disajikan.


    Untuk isian kue sus lainnya, resep untuk membuatnya juga hampir sama dan sangat praktis.


    Lantas bagimana ceritanya kue sus di SIT Yayasan Ishlahul UMMAH Prabumulih bisa membawa bencana? Iya informasi tersebut tentu masih menunggu hasil uji laboratorium dari sampel yang telah diambil oleh Dinas Kesehatan Kota Prabumulih. Versi SIT Yayasan Ishlahul UMMAH Prabumulih Kue Sus sengaja dibuat sendiri (Bukan pesan dari luar-red) untuk memastikan bahan yang digunakan higienis dan aman untuk dikonsumsi. 



    Proses perjalanan kue sus dari dapur juga seperti biasa diantar langsung oleh pihak dapur yang selama ini biasa mengantar makanan ke sekolah. Bahkan dari 2006 hingga sekarang baru kali ini keracunan makanan terjadi pada siswa. Adakah dugaan sabotase?



    Dugaan awal terkonfirmasi menurut Dinas Kesehatan Prabumulih penyebab para siswa yang mengalami sakit perut, mual, muntah dan pusing diakibatkan adanya bakteri Salmonella dalam kandungan makanan. Bakteri ini adalah sekelompok bakteri penyebab infeksi saluran pencernaan yang ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri. Penyakit akibat infeksi Salmonella dapat menimbulkan gejala berupa sakit perut, pusing, diare, muntah dan mual.

    Komentar

    Tampilkan

    BREAKING NEWS