• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    Posmetro Rilis Survey Elektabilitas Parpol Dapil 1 Prabumulih

    20 Desember 2023, Desember 20, 2023 WIB Last Updated 2023-12-21T06:52:20Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    POSMETRO.ID, PRABUMULIH - Litbang Posmetro Research Centre merilis hasil surveinya terkait elektabilitas partai politik di Pemilu Legislatif 2024 di Kota Prabumulih Dapil 1 Prabumulih Timur. Survei berdasarkan daerah pemilihan ini menurut direktur Litbang Posmetro Research Centre Jun Manurung merupakan langkah untuk memperoleh pemahaman mendalam terkait preferensi politik dan dinamika politik yang berbeda-beda di setiap wilayah.


    "Setiap daerah pemilihan memiliki karakteristik politik, sosial, dan ekonomi yang berbeda. Melakukan survei berdasarkan daerah pemilihan memungkinkan untuk memahami preferensi politik yang spesifik di setiap wilayah tersebut. Misalnya, satu daerah pemilihan mungkin memiliki kecenderungan politik yang berbeda dengan daerah lainnya karena faktor-faktor demografis atau isu-isu lokal yang relevan" ujar Jun Manurung.


    Sebelumnya pihaknya juga telah menerbitkan hasil survey elektabilitas Parpol peserta Pemilu 2024 di Dapil 3 Prabumuli (Prabumulih Utara - Cambai). Hasilnya Diantara 18 Partai Peserta Pemilu 2024, Partai PKS tampak unggul namun swing voters atau pemilih yang belum terjangkau masih cukup TINGGI yaitu sebesar 7.507 atau 20.08%.


    Survei dilakukan selama 4 minggu, dari 7 November 2023 hingga 7 Desember 2023 terhadap masyarakat terdaftar sebagai pemilih tetap di Dapil I Prabumulih Timur yang tersebar di lebih dari 8 Kelurahan. 


    Upaya menjangkau masyarakat melibatkan tim Research Centre Litbang POSMETRO.ID terdiri dari 24 orang. 


    Pengambilan sampel (responden) di dalam survei ini menggunakan metode chain-referral sampling atau biasa dikenal snowball sampling atau penelitian di mana responden pertama kali yang terpilih akan mereferensikan atau merekomendasikan orang lain sebagai responden berikutnya dengan pertanyaan “Jika pemilihan digelar pada hari ini Caleg dari partai apa yang anda pilih?”


    Mode pengumpulan data adalah Face-to-Face Interviews Melibatkan pewawancara yang bertemu langsung dengan responden untuk mengajukan pertanyaan survei. 


    Singkatnya, metode sampling dalam survei ini dimulai dengan beberapa responden yang memenuhi kriteria tertentu, lalu mereka mereferensikan individu lain yang memiliki karakteristik yang sama. Kami menggunakan metode ini karena dianggap tepat untuk populasi yang sulit dijangkau atau yang tidak memiliki daftar yang jelas. 


    Jumlah responden dan sebarannya dari berbagai daerah dimaksudkan untuk menggambarkan opini dan preferensi masyarakat yang beragam latar belakang.


    Berikut hasil survei elektabilitas parpol Dapil 1 Prabumulih versi Litbang Posmetro Research Centre :


    PKB: 3.83%

    Gerindra:6.57%

    PDIP:7.45%

    Golkar: 11.98%

    Nasdem: 6.57%

    Partai Buruh: 0.21%

    Partai Gelora: 0.42%

    PKS: 8.83%

    PKN: 0.48%

    Hanura: 5.34%

    Garuda: 0.82%

    PAN: 4.23%

    PBB: 4.56%

    Demokrat:14.29%

    PSI: 1.23%

    Perindo: 2.15%

    PPP: 6.08%

    Ummat: 0.68%


    Diantara 18 Partai Peserta Pemilu 2024, Partai Demokrat tampak unggul namun swing voters atau pemilih yang belum terjangkau masih cukup TINGGI yaitu sebesar 7.454 atau 13.01%

    Komentar

    Tampilkan

    BREAKING NEWS