• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    Sambangi Korban, Demokrat Rencanakan Program Prabumulih Bebas Banjir

    16 Januari 2024, Januari 16, 2024 WIB Last Updated 2024-01-16T10:53:12Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    POSMETRO.ID, PRABUMULIH - Ketua DPC Partai Demokrat Prabumulih Kota Prabumulih Deni Victoria SH MSi langsung turun gunung menyambangi warga yang terdampak banjir akibat curah hujan yang mengguyur Kota Prabumulih beberapa hari terakhir. Politisi muda yang akrab disapa DV ini langsung bergerak melihat langsung sejumlah lokasi titik banjir di Prabumulih. Seperti di Kelurahan Muara Dua, Karang Raja, dan Gunung Ibul, Sabtu (13/01/2024)


    Selain itu, sebagai bentuk kepedulian kepada warga terdampak, Suami Leni Kartika ini, juga menyalurkan bantuan berupa 2 ribu bungkus nasi. “Alhamdulillah, meski bantuan seadanya Partai Demokrat masih bisa berbagi dengan para korban banjir" ujar DV


    Lanjut DV, Ini wujud kepedulian Partai Demokrat Prabumulih hadir ditengah -tengah warga terdampak banjir. " Semoga bantuan nasi bungkus yang diberikan dapat sedikit meringankan dan membantu para korban banjir," harap DV.


    Tidak lupa ia mengimbau masyarakat tetap waspada dan hati-hati terhadap bencana banjir ini. “Kalau nantinya ada banjir susulan, tentunya air makin tinggi. Utamakan keselamatan, jangan sampai lengah,” tutupnya.


    Disela-sela kunjungannya kepada para korban banjir, DV kepada POSMETRO.ID kedepan mengaku berkomitmen untuk membawa perubahan positif di Kota tercinta. Jika dirinya dipercaya mengemban amanah sebagai Anggota DPRD Kota Prabumulih maka dirinya akan berkonsentrasi pada program yang fokus pada penanganan masalah banjir yang sering melanda prabumulih. Sebab persoalan banjir menurutnya bukan hanya masalah lingkungan, tetapi juga mengancam keamanan dan kesejahteraan masyarakat.


    Langkah pertama dalam program yang ia tawarkan lanjut DV adalah pemeliharaan dan Peningkatan sistem drainase. Mengacu pada persoalan ini, pihaknya akan mendoronga Pemerintah mendukung proyek pemeliharaan dan peningkatan sistem drainase kota. Program ini tidak hanya akan fokus pada perbaikan fisik, tetapi juga akan mencakup penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi aliran air.




    Kemudian yang tidak kalah penting ialah rencana tata kota yang berkelanjutan. Sebagai bagian dari program ini seluruh jajarannya di bawah bendera demokrat kelak berupaya untuk merencanakan tata kota yang berkelanjutan. Ini termasuk mengidentifikasi dan melindungi daerah rawan banjir serta mempromosikan konsep pembangunan yang memperhatikan risiko bencana. Kemudian mendorong Partisipasi Aktif masyarakat dengan menyelenggarakan program edukasi dan melibatkan masyarakat dalam upaya pencegahan banjir, serta melibatkan mereka dalam evakuasi dan rencana darurat.



    Yang terakhir lanjut pria yang masih aktif di Komunitas Otomotif JPC Prabumulih ituadalah kerjasama antar pemerintah dan swasta yakni membangun hubungan yang kuat antara pemerintah kota, kabupaten, provinsi, dan sektor swasta untuk menjalankan program yang diajukan. "Kolaborasi ini akan memastikan kesinambungan program dan optimalisasi sumber daya" papar DV.



    Disinggung apakah pihaknya juga akan melanjutkan normalisasi sungai Kelekar atau berencana membangun kolam Retensi sebagai upaya mengatasi banjir. DV mengungkapkan, sebelum memutuskan untuk melakukan normalisasi sungai, penting untuk melakukan studi dampak lingkungan menyeluruh dan melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk komunitas lokal, ilmuwan, dan organisasi lingkungan. Pendekatan berbasis ekosistem dan berkelanjutan harus diutamakan untuk meminimalkan dampak negatif dan memastikan bahwa tindakan normalisasi dilakukan dengan bijak.



    "Di suatu sisi, normalisasi sungai dapat membantu mengurangi risiko banjir dengan merancang sungai agar dapat menampung volume air yang lebih besar selama periode hujan deras. Tetapi perlu di ingat bahwa normalisasi sungai dapat menciptakan efek hulur balik, di mana banjir yang terkendali di satu wilayah dapat meningkatkan risiko banjir di hilir" pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    BREAKING NEWS