• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    DPRD Prabumulih Gelar Sidang Paripurna Pengesahan LPJ APBD 2023

    02 Juli 2024, Juli 02, 2024 WIB Last Updated 2024-08-20T12:45:20Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    POSMETRO.ID | PRABUMULIH – DPRD Kota Prabumulih menggelar sidang paripurna dengan agenda pengesahan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Wali Kota Prabumulih atas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023. Sidang ini juga mencakup laporan hasil kerja Badan Anggaran (Banggar) DPRD serta permintaan persetujuan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang LPJ tersebut.


    Sidang paripurna berlangsung di Ruang Sidang DPRD Prabumulih dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Sutarno, SE, M.IKom, didampingi oleh Wakil Ketua I, Ir. Dipe Anom, dan Wakil Ketua II, H. Ahmad Palo, SE. Hadir pula Penjabat Wali Kota Prabumulih, H. Elman, ST, MM, bersama dengan anggota DPRD lainnya, kepala OPD, camat, lurah, dan kepala desa.


    "Sidang paripurna ini dihadiri oleh 17 dari 25 anggota DPRD, sehingga memenuhi kuorum. Agendanya meliputi penyampaian hasil kerja Banggar serta pengambilan keputusan dan pandangan akhir Wali Kota Prabumulih," ujar Sutarno.


    Dalam laporan hasil kerja Banggar yang disampaikan oleh H. Hartono Hamid, SH, ditegaskan pentingnya transparansi dalam pengelolaan anggaran guna mewujudkan visi dan misi Prabumulih Prima. "Pengawasan anggaran adalah hak dan kewajiban DPRD Prabumulih untuk memastikan bahwa pengelolaan anggaran dilakukan secara efektif dan efisien," ujarnya.


    Pembahasan Raperda LPJ Wali Kota APBD 2023 diawali dengan penyampaian nota pengantar oleh Wali Kota, yang kemudian diikuti oleh pembahasan di tingkat komisi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.


    "Raperda ini merupakan bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan anggaran yang telah digunakan oleh OPD di lingkungan Pemkot Prabumulih, tentunya sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku," tambah Hartono.


    Banggar juga memberikan sejumlah rekomendasi dan saran terkait pengelolaan anggaran, baik dari segi pendapatan maupun belanja. "Kami merekomendasikan agar Pemkot lebih berhati-hati dan optimis dalam melaksanakan kegiatan rutin, serta memastikan anggaran ke depan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelasnya.


    Setelah melalui pembahasan, seluruh anggota DPRD Prabumulih yang hadir menyatakan persetujuan atas pengesahan Raperda LPJ Wali Kota APBD 2023.


    Penjabat Wali Kota Prabumulih, H. Elman, ST, MM, menyampaikan apresiasinya atas persetujuan ini. "Masukan dan saran yang diberikan oleh Banggar akan menjadi prioritas utama dalam perbaikan pengelolaan APBD di tahun 2024," pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    BREAKING NEWS