• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    UPTD KPH Wilayah 9 Suban Jeriji Sumsel Gelar Pemantauan Lahan untuk Penghijauan di Desa Karya Mulya

    24 Juli 2024, Juli 24, 2024 WIB Last Updated 2024-07-24T08:39:22Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    POSMETRO.ID PRABUMULIH - UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah 9 Suban Jeriji Sumatera Selatan kembali menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dengan menggelar kegiatan pemantauan lahan di Desa Karya Mulya, Kota Prabumulih. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi lahan-lahan yang perlu segera dihijaukan guna mengantisipasi dampak negatif seperti longsor dan kerusakan lingkungan lainnya.


    Berdasarkan analisis foto udara tahun 2022-2023, beberapa titik di kawasan Desa Karya Mulya menunjukkan tanda-tanda lahan kosong dan gersang. Hal ini memotivasi UPTD KPH Wilayah 9 untuk menawarkan program penghijauan kepada Pemerintah Desa Karya Mulya sebagai langkah antisipatif.


    Tim yang dipimpin langsung oleh Yayan Sunarto, dari UPTD KPH Wilayah 9, melakukan pertemuan tatap muka dengan Kepala Desa Karya Mulya, Miril Firacha, Rabu (24/07/2024). Pertemuan ini membahas titik-titik lahan yang perlu dihijaukan serta menawarkan bibit tanaman kepada warga desa untuk mendukung program penghijauan lingkungan.


    “Kehadiran kami di Desa Karya Mulya bukan hanya untuk melakukan pemantauan, tetapi juga untuk membangun kerjasama dengan Pemerintah Desa dan warga dalam upaya penghijauan. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat,” ungkap Yayan Sunarto.



    Kepala Desa Karya Mulya, Miril Firacha, menyambut baik program ini dengan penuh antusias. “Kami sangat mendukung upaya penghijauan yang diinisiasi oleh UPTD KPH Wilayah 9. Program ini sejalan dengan visi kami untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat. Kami siap bekerjasama dan mendampingi tim KPH dalam melakukan pengecekan lapangan serta mengajak warga untuk berpartisipasi aktif,” katanya.


    Program penghijauan ini sangat tepat dilakukan mengingat Desa Karya Mulya sedang giat-giatnya melakukan sosialisasi tentang bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutbunlah). Penghijauan lahan kosong dan gersang diharapkan dapat mengurangi risiko kebakaran serta meningkatkan kualitas lingkungan.


    Pada tahun 2024, KPH Wilayah 9 telah berhasil menjalankan program penghijauan di lima desa/kelurahan di Kota Prabumulih dan Kabupaten Muara Enim. Pengalaman ini menjadi modal berharga dalam memperluas program ke Desa Karya Mulya.


    Dalam beberapa hari ke depan, tim dari UPTD KPH Wilayah 9 akan melakukan sosialisasi dan distribusi bibit tanaman kepada warga Desa Karya Mulya. Dengan semangat gotong royong dan kerjasama yang kuat, diharapkan program penghijauan ini dapat berjalan sukses dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.


    Program ini tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki kondisi lahan yang gersang, tetapi juga sebagai langkah edukatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan bahaya Karhutbunlah.


    Kehadiran UPTD KPH Wilayah 9 di Desa Karya Mulya menunjukkan bahwa sinergi antara pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan. Semoga langkah ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk turut serta dalam program penghijauan dan pelestarian alam.

    Komentar

    Tampilkan

    BREAKING NEWS