• Jelajahi

    Copyright © POSMETRO.ID
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kriminal

    Massa Lintas Parpol Demo Diduga Kinerja Bawaslu dan KPU Tidak Independen

    08 Agustus 2024, Agustus 08, 2024 WIB Last Updated 2024-08-08T10:28:54Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    POSMETRO.ID | LAHAT - Halaman kantor Pemkab Lahat menjadi saksi protes besar-besaran dari massa yang berasal dari lintas partai politik dan Ormas pada Kamis (8/8). 

    Aksi damai dilakukan guna memprotes kinerja Bawaslu dan KPU Lahat yang dinilai tidak independen dan merusak Demokrasi.


    Pantauan wartawan dilapangan, aksi damai yang dilakukan berlangsung kondusif dibawah pengawalan anggota Polres dan TNI Kodim 0405 Lahat. 


    Masa yang berasal dari anggota partai Demokrat, Golkar, PKB, PSI, Hanura dan PAN serta Ormas. 


    Aksi yang dilakukan merupakan buntut dari kekesalan terhadap kinerja penyelenggara yang diduga tidak melaksanakan tugas sesuai Undang undang.


    Koordinator aksi, Ganda Taruna, menyoroti buruknya kinerja penyelenggara pemilu, yakni Bawaslu dan KPU, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) sebelumnya. 


    Menurutnya, ketidakberesan tersebut tak boleh terulang pada Pilkada Lahat mendatang.



    "Jika Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) tidak memberikan sanksi tegas atas laporan yang kami sampaikan dalam tujuh hari ke depan, kami akan menyegel kantor KPU dan Bawaslu Lahat," tegas Ganda Taruna di depan para demonstran.


    Korlap dari partai Demokrat Rusdi H Somad,SH, menambahkan bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh KPU dan Bawaslu sudah terlihat sejak tahap perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). 


    Ketidaknetralan ini, menurutnya, semakin jelas dengan adanya kedekatan penyelenggara pemilu dengan salah satu pasangan calon (paslon).


    "Mari kita kawal Pemilukada Lahat, dan jika terjadi kecurangan maka ayo sama sama kita menegakkan keadilan dan kebenaran,"imbuhnya.


    Aksi demonstrasi ini menyoroti pentingnya transparansi dan integritas dalam penyelenggaraan pemilu. Para demonstran berharap agar penyelenggara pemilu dapat bertindak lebih profesional dan independen demi terciptanya pemilihan yang adil dan demokratis.

    Komentar

    Tampilkan

    BREAKING NEWS